Bisnis

Tips Keuangan Untuk Membangun Bisnis Di Masa Pensiun

Tips Keuangan Untuk Membangun Bisnis Di Masa Pensiun

Score36 –¬†Menghadapi masa pensiun tidak selalu mudah bagi semua orang. Secara umum, beberapa orang akan memiliki banyak kekhawatiran tentang hal ini, bahkan sebelum masa pensiun tiba.

Anda akan kehilangan pekerjaan dan rutinitas yang telah Anda ikuti selama beberapa dekade. Selain itu, Anda juga tidak akan menerima gaji bulanan seperti saat Anda masih aktif bekerja.

Namun jika Anda berpikir positif, pensiun bukanlah sesuatu yang perlu Anda takuti. Anda masih bisa produktif dan bahkan menghasilkan lebih banyak uang.

Alih-alih menganggur dan tidak aktif di rumah, di masa pensiun Anda memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak pernah Anda lakukan di tempat kerja. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan, menjalankan bisnis mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Tidak ada salahnya memulai bisnis setelah pensiun. Ini selalu pertama kalinya, bahkan untukmu juga. Jika direncanakan dengan matang, keberhasilan dalam usaha ini juga bukan tidak mungkin.

1. Jangan Tarik Dana Pensiun Anda Lebih Awal

Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan dana pensiun untuk berbagai kebutuhan Anda setelah pensiun, termasuk konversi menjadi modal usaha. Ini merupakan keuntungan tersendiri, apalagi jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis tersebut.

Namun, jika waktu pembayaran belum tiba, akan lebih bijaksana untuk tidak menarik dana pensiun ini terlebih dahulu. Membayar dana pensiun terlalu cepat bukanlah keputusan yang tepat.

Anda akan dikenakan biaya penalti jika Anda melakukan pencairan ini sebelum waktu yang dijadwalkan. Apalagi pencairan dini seperti ini juga akan dikenakan pajak yang cukup tinggi.

Bayangkan berapa banyak potongan yang harus Anda keluarkan jika Anda mencairkan dana pensiun Anda terlalu dini seperti sekarang.

Jika ternyata Anda membutuhkan modal untuk memulai bisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakan tabungan Anda terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri untuk membangun bisnis skala besar yang membutuhkan banyak modal.

Anda bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dahulu di masa-masa awal. Pastikan Anda tidak mencairkan dana pensiun lebih awal, karena hal ini dapat menyebabkan kerugian dan kesulitan finansial bagi Anda.

2. Pilih perusahaan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda

Perusahaan besar terlihat hebat, tetapi hal semacam itu tidak cocok untuk Anda yang baru memulai sebagai pengusaha. Anda harus belajar dan membangun sistem dari awal, sehingga Anda dapat merencanakan aktivitas yang paling tepat.

Mulailah bisnis Anda dalam skala kecil terlebih dahulu, sehingga risiko yang harus Anda ambil juga tidak terlalu besar di masa-masa awal itu. Ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan Anda dapat mengelola bisnis Anda dengan tenang.

Pilih juga perusahaan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda sejak awal. Ini sangat penting, karena bisnis akan memiliki banyak tantangan, beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak Anda duga.

Namun jika Anda berada dalam bisnis yang sesuai dengan passion Anda, maka Anda akan selalu memiliki passion dan siap menghadapi tantangan seperti ini. Peluang Anda untuk sukses juga akan semakin tinggi di masa depan.

3. Tetap berinvestasi dalam keuangan Anda

Saat Anda pensiun, penghasilan Anda cenderung menurun. Tapi itu tidak bisa menjadi alasan untuk tidak berinvestasi.

Berinvestasi akan memberi Anda sederet keuntungan, oleh karena itu penting untuk selalu mengeksekusinya dalam keuangan. Meski sedikit, pastikan untuk menyisihkan sejumlah uang untuk diinvestasikan.

Anda dapat menghemat keuangan, sehingga Anda selalu dapat mengalokasikan dana untuk kebutuhan ini. Pilih instrumen investasi yang tepat dan tentunya Anda akan memahaminya dengan baik.

Hal ini sangat penting dan akan memudahkan Anda untuk mengelola berbagai risiko dengan baik. Tidak perlu memaksakan diri untuk berinvestasi pada instrumen yang memiliki potensi pengembalian yang terlalu besar, karena instrumen tersebut juga seringkali membawa banyak risiko.

Pilih instrumen yang paling cocok dan tepat untuk keuangan Anda, untuk mencapai profitabilitas maksimum. Perubahan keuangan dan rutinitas adalah hal yang akan Anda alami setelah pensiun.

Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa menghasilkan uang dengan memulai bisnis dan mengelola keuangan Anda dengan baik. Rencanakan ke depan dan pilih bisnis yang sesuai dengan minat Anda, sehingga Anda bisa sukses dan sehat secara finansial setelah pensiun.

Baca juga:

Literasi keuangan

Bisnis Franchise Menjanjikan yang Perlu Dicoba

Bisnis Franchise Menjanjikan yang Perlu Dicoba

Score36 – Bisnis waralaba atau waralaba sangat hidup dan bersemangat akhir-akhir ini. Waralaba, yaitu hak untuk menjual produk, jasa atau jasa, dianggap oleh banyak pihak mudah untuk dikelola. Hal ini dikarenakan pemilik waralaba tidak perlu memikirkan sistem dan manajemen bisnis karena diatur oleh pusat. Sebagai afiliasi, Anda hanya perlu membeli merek perusahaan dan menjalankan bisnis Anda. Bahkan dalam menjalankan bisnis franchise ini pun tidak jarang para franchisee menggunakan bantuan center untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Karena itulah, banyak yang menganggap bisnis franchise ini sebagai bisnis yang menguntungkan. Namun seiring berkembangnya bisnis franchise Anda, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih jenis dan merk franchise. Mengapa? Karena ternyata tidak semua jenis dan merk franchise bisa menguntungkan Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjalankan bisnis franchise, Anda perlu memilih jenis dan merek franchise yang menguntungkan. Jadi apa saja perusahaan waralaba yang menguntungkan? Di bawah ini adalah reviewnya.

1. Makanan

Bisnis waralaba menguntungkan pertama yang dijalankan adalah waralaba makanan. Pangan yang merupakan kebutuhan pokok manusia selalu menarik minat banyak orang untuk bekerja. Oleh karena itu, waralaba makanan ini menjadi salah satu jenis bisnis waralaba yang paling banyak disukai. Saat ini jumlah waralaba jenis ini terbesar di industri. Apalagi jika Anda adalah penggemar memasak atau memasak, franchise makanan jenis ini akan sangat cocok untuk Anda kelola.

Pada franchise makanan jenis ini, Anda dapat memilih konsep yang berbeda dari konsep gerobak, toko, bar atau restoran. Namun karena jumlah waralaba yang sangat banyak, Anda perlu berhati-hati dan cermat saat memilih merek waralaba. Coba lihat kalkulasi atau prospek masa depan, seperti menu apa yang disajikan, layanan apa yang akan Anda dapatkan dan sistem apa yang ditawarkannya.

2. Minuman

Seperti jenis waralaba makanan lainnya, waralaba minuman sangat diminati saat ini. Akhirnya, berbagai jenis minuman muncul untuk menghidupkan waralaba ini. Suhu yang selalu tinggi di Indonesia yang beriklim tropis membuat jenis waralaba ini dinilai sangat menguntungkan karena mampu menarik banyak pembeli. Tidak hanya minuman dingin, tapi juga sejenis minuman panas yang tentunya menguntungkan jika dijual dalam semalam. Namun sebagian besar waralaba minuman di kawasan ini adalah minuman dingin.

3. Kredit

Kredit saat ini telah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Untuk bisa berkomunikasi jarak jauh, seseorang sangat membutuhkan kredit. Pengguna ponsel harus diperhitungkan, yang menjalankan bisnis jenis ini sebagai franchise setiap tahun. Apalagi sekarang, saat jumlah pengguna smartphone atau smartphone semakin bertambah. Oleh karena itu, franchise impulsif ini menjadi semakin menguntungkan. Jika Anda bisa melihat lebih dalam dan lebih dalam lagi pada jenis franchise kredit ini, Anda bisa menambahkan elemen bisnis sebagai kriteria pemilihannya, yaitu pulsa token listrik. Faktanya, tidak semua pengurangan kredit menawarkan penjualan dalam bentuk token listrik.

4. Minimarket

Waralaba pasar mini adalah jenis waralaba lain yang dapat Anda pilih. Keinginan masyarakat untuk terus memenuhi kebutuhan sehari-hari tak pelak memaksa mereka untuk berbelanja. Namun karena jam sibuk, mereka sering membeli dalam jumlah banyak secara lengkap dan pada waktu yang bersamaan. Karena itu, mereka memilih minimarket sebagai tujuan belanja. Keinginan mereka untuk dapat berbelanja di tempat yang memungkinkan mereka untuk memilih dengan nyaman juga membuat mini market waralaba ini berkembang pesat. Jika mereka membeli dan berbelanja di toko, mereka tidak memiliki kebebasan memilih dan juga merasa tidak nyaman. Sekarang lihat jumlah toko grosir di sekitar Anda. Berkembangnya mini market ini menjadi pertanda bahwa franchise jenis ini merupakan franchise yang menguntungkan.

Sumber:

Maxmanroe

Apa Itu Ekuitas Pemegang Saham

Apa Itu Ekuitas Pemegang Saham

Score36 – Untuk orang- orang yang berkecimpung di dunia bisnis tentu telah tidak asing dengan sebutan ekuitas pemegang saham. Sebutan ini umumnya berkaitan dengan bisnis pada industri berskala besar. Ekuitas sendiri ialah nilai total peninggalan industri yang telah dikurangi total kewajiban.

Industri besar umumnya tidak cuma dipunyai oleh satu orang saja. Hendak namun dapat berbentuk kerjasama dengan sebagian pihak dimana tiap- tiap pihak mempunyai nilai peninggalan ataupun saham di industri tersebut. Tiap owner saham mempunyai hak yang sama tercantum dalam perihal ekuitas ini.

Ada 2 tipe ekuitas yang berlaku dalam bisnis ialah ekuitas industri serta ekuitas pemegang saham. Dikala nilai peninggalan industri dijual secara totalitas, hingga owner industri wajib membuat laporan ekuitas owner saham.

Apa Itu Ekuitas Pemegang Saham

Ekuitas owner saham merupakan nilai peninggalan ataupun beberapa duit yang hendak diberikan oleh industri kepada owner saham dikala segala peninggalan industri sudah dicairkan dan seluruh wujud hutang serta liabilitas industri telah dilunaskan.

Nilai ekuitas sendiri ialah nilai yang sangat kerap digunakan dalam memastikan tingkatan kesehatan sesuatu entitas bisnis. Perihal ini sangat berkaitan dengan gimana metode industri dalam mempraktikkan skala prioritas buat pengelolaan keuangannya.

Dalam bisnis sesungguhnya ada 2 tipe ekuitas yang sering digunakan, ialah ekuitas owner serta ekuitas owner saham. Komponen ekuitas owner saham umumnya dipunyai oleh industri berskala besar dimana memerlukan dana dari luar buat penuhi kebutuhan modal. Sebaliknya pada industri skala kecil umumnya cuma diketahui ekuitas owner saja.

Pada laporan keuangan industri, ekuitas yang dipunyai pemegang saham ini tercantum dalam salah satu penanda yang hendak memastikan keadaan kesehatan keuangan industri. Ekuitas juga dapat dimaksud selaku modal sebab ialah beberapa duit yang dikeluarkan oleh industri yang digunakan buat bayaran operasional industri tersebut.

Butuh kamu tahu kalau nilai dari ekuitas tidak senantiasa positif. Hendak namun dalam sebagian keadaan nilai ekuitas juga dapat jadi negatif sebab beban yang wajib ditanggung industri lebih besar bila dibanding dengan nilai asetnya. Pada keadaan ekuitas negatif, hingga diucap dengan defisit.

Dikala nilai ekuitas pada keadaan negatif, hingga butuh waspada sebab bila berlangsung terus menjadi parah dapat menimbulkan terbentuknya kebangkrutan. Pasti diperlukan strategi ataupun metode menghitung ekuitas owner saham buat meminimalisir kerugian yang terus menjadi besar. Ekuitas owner saham juga dapat dijadikan selaku aspek acuan buat memastikan sehat tidaknya keuangan suatu industri ataupun bisnis.

Komponen Ekuitas Pemegang Saham

Dilihat dari riwayat serta sumbernya, komponen ataupun sumber utama ekuitas pemegang saham industri dipecah jadi 2 tipe ialah modal disetor serta laba ditahan. Buat lebih jelasnya tentang kedua komponen ekuitas owner saham ini, berikut uraian lengkapnya:

1. Modal Disetor

Komponen yang tercantum dalam modal disetor merupakan bagian dari modal yuridis. Komponen yang terdapat di dalamnya antara lain semacam kapitalisasi laba ditahan, penerbitan saham baru, dividen saham, konversi obligasi serta juga stock subscription.

Tidak cuma itu, secara universal, komponen yang lain yang juga tercantum dalam modal disetor ini merupakan penjualan saham treasuri, premium modal saham, penyerapan defisit, restrukturisasi capital, deklarasi dividen likuidasi, serta juga revaluasi peninggalan.

2. Laba Ditahan

Yang tercantum dalam komponen rumus ekuitas owner saham laba ditahan ini antara lain semacam laporan laba rugi, rekapitulasi, dividen, serta juga pergantian akuntansi. Tidak cuma itu, komponen yang masuk dalam ekuitas owner saham laba ditahan berikutnya juga terdapat untung penahanan belum terealisasi, hak pemegang saham minoritas serta juga penyesuaian capital belum terealisasi yang lain.

Mengenali komponen ekuitas owner saham tipe laba ditahan ini ialah perihal yang berarti untuk industri. Perihal ini sebab ekuitas owner saham ini hendak jadi penanda berarti pada neraca yang hendak dirangkum ke dalam laporan laba rugi industri.

Dalam memastikan komponen ekuitas pemegang saham ini, sangat berarti untuk tiap industri buat membuat harian serta pembukuan akuntansi dengan sistem yang baik serta jelas. Buat memudahkan pembukuan akuntansi ini, kamu dapat memakai aplikasi ataupun aplikasi akuntansi yang dapat dengan gampang kamu temukan.

Sumber:

https://sickforprofit.com/

aplikasi saham

Bisnis Online Yang Menjanjikan Saat Ini

Bisnis Online Yang Menjanjikan Saat Ini

Score36 – Banyak peluang usaha serta bisnis online yang dapat kita geluti di tahun 2021 ini. Terlebih di masa teknologi data kian kencang semacam saat ini, sebagian usaha yang tadinya dirasa berat saat ini tidak lagi semacam itu. Fenomena ini juga seakan membuka banyak peluang untuk siapa saja yang mau berupaya.

Peluang usaha serta bisnis online sejatinya dapat bawa seorang kepada suatu kesuksesan bila dicoba dengan serius. Banyak cerita orang- orang yang berhasil lantaran mengerjakan pekerjaan- pekerjaan di dasar ini.

1. Waralaba

Salah satu peluang usaha yang potensial merupakan waralaba, tercantum di tahun 2021 ini. Tipe usaha ini sesuai untuk pendatang baru, paling utama yang belum mempunyai konsep dan ilham tentang usaha yang mau dijalankan tetapi berpotensi menciptakan. Waralaba sederhananya merupakan kita melaksanakan suatu bisnis yang telah terdapat ilham serta apalagi pula brand.

Tidak cuma tidak butuh lagi memikirkan soal ilham kreatif dalam membangun usaha, lewat bisnis waralaba ini kita pula hendak dibimbing. Umumnya kala seorang memutuskan membeli suatu waralaba, hendak terdapat semacam paket- paket spesial. Di dalamnya umumnya tercantum soal pelatihan. Sehingga kala terjun nantinya tidak lagi dibingungkan dengan perihal tersebut.

Tetapi di sisi lain, bila mau melaksanakan usaha ini kita wajib mempersiapkan modal yang cukup. Alasannya kita butuh membeli perlengkapan serta hal- hal lain terpaut usaha tersebut. Buat tempat umumnya dibebaskan, tetapi kadangkala terdapat semacam regulasi supaya tidak membuka waralaba di radius yang telah terdapat usaha sejenis.

2. Penerjemah

Jadi penerjemah bisa jadi terdengar sangat klasik, tetapi tampaknya apalagi di 2021 ini pekerjaan tersebut masih sangat diperlukan. Jika kalian mempunyai skill alias keahlian bahasa, hingga peluang bisnis ini jangan hingga dilewatkan.

Penerjemah diperlukan buat banyak tipe permintaan. Misalnya tugas ataupun makalah, penerjemah film ataupun sebutan kerennya merupakan pembentuk subtittle, sampai pesan menyurat. Sebagian industri skala internasional memerlukan perihal tersebut buat dapat terkoneksi dengan klien ataupun rekan dari luar negaranya.

Buat dini pasti klien yang terdapat tidak hendak sangat banyak. Oleh karenanya berarti buat membangun portofolio terlebih dulu. Kalian dapat jadi freelancer serta mendaftarkan keahlian berbahasamu di platform yang menerima pekerjaan lepas. Bersamaan dengan banyak pekerjaan serta diambil dan kepuasan para pelanggan, hingga reputasimu juga hendak naik.

Supaya dapat menjangkau terus menjadi banyak calon klien, kalian dapat memasarkan skill penerjemah ini di sosial media. Linked. in hendak sangat menolong mengingat platform ini memanglah dibentuk spesial buat mencari koneksi paling utama terpaut pekerjaan.

3. Bisnis Di Web Sendiri

Buat tingkatkan serta meningkatkan bisnis online jadi lebih besar, Kamu dapat memakai sebagian dari pemasukan yang didapatkan sepanjang berjualan memakai media sosial serta marketplace buat membuat web toko online kepunyaan Kamu sendiri. Walaupun bisa jadi Kamu telah melebarkan sayap dengan menyimpan produk di bermacam marketplace, tetapi tidak terdapat salahnya membuat toko online sendiri buat menguatkan branding terhadap produk Kamu.

Terdapat banyak keuntungan yang didapat kala Kamu memutuskan buat membangun sendiri web buat menjajakan produk Kamu. Dengan mempunyai suatu web yang dibentuk secara optimal, bisnis penjualan Kamu hendak terus menjadi nampak handal sehingga dapat meningkatkan keyakinan pada konsumen lebih dalam lagi. Sebab dengan senantiasa berjualan memakai marketplace free, Kamu hendak kesusahan mengangkut brand produk sendiri. Untuk kamu yang ingin berbisnis dengan web sendiri usahakan menggunakan jasa backlink terbaik agar website kamu dapat tampil di halaman pertama Google.

4. Jualan Santapan Ringan

Kemilan senantiasa jadi sahabat yang mengasyikkan buat seluruh suasana spesialnya kala bersantai ria, bermain permainan, ataupun menyaksikan kegiatan kesukaan. Jualan santapan ringan saat ini dapat jadi bisnis online yang menarik. Banyak penjual kemilan ini yang berhasil berjualan di toko online. Modal buat mengawali pula tidak sangat besar, terlebih jika kita tahu dengan pembentuk kemilan. Santapan ringan di e- commerce rata- rata dijual dengan packing 150 gr sampai terdapat pula yang kiloan.

5. Dropship

Dropship jadi salah satu peluang usaha yang banyak digeluti bersamaan dengan perkembangan toko online. Secara simpel dropship dimaksud dengan usaha menjualkan benda kepunyaan orang lain. Berbeda dengan reseller yang biasanya wajib membeli dahulu, dropship seakan semacam menyalurkan benda saja.

Keuntungan dropship umumnya dari selisih harga antara yang kita jual dengan harga asli dari supplier. Jadi tinggal gimana kita mengendalikan selisih harga tersebut sehingga dapat menciptakan keuntungan buat kita. Jangan ditanya, telah banyak orang yang pemasukan bulanannya tembus jutaan dengan bisnis online semacam ini.

3 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula Menguntungkan

3 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula Menguntungkan

Score36 – Selama ini, berinvestasi menjadi aktivitas keuangan yang cukup menjanjikan untuk masa depan. Oleh karena itu, investasi yang menguntungkan menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Meskipun ada banyak jenis investasi yang menguntungkan, Anda harus tahu bahwa tidak ada jenis investasi yang bebas risiko.

 

Apa itu investasi?

Dalam istilah, investasi adalah tindakan mengumpulkan modal atau kekayaan untuk menghasilkan keuntungan atau mempertahankan nilainya. Salah satu tujuan berinvestasi adalah karena Anda ingin memperoleh keuntungan yang dapat meningkatkan kondisi keuangan Anda.

 

Penting untuk diingat bahwa berinvestasi bukan hanya tentang keuntungan. Karena kegiatan investasi juga menghadirkan risiko kerugian yang harus Anda perhatikan dengan baik. Jika Anda salah melangkah, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kerugian di akhir investasi.

 

Pertimbangan antara untung dan rugi inilah yang terkadang membuat investor bingung dalam memilih investasi.

cek Kode bank bri

Apakah Anda salah satu orang yang masih bingung menentukan investasi yang menguntungkan untuk masa depan Anda? Jangan panik dulu. Wajar bagi investor pemula yang baru merasakan dunia investasi. Yang terbaik adalah mengidentifikasi terlebih dahulu jenis investasi yang menguntungkan.

 

Jenis investasi yang menguntungkan dan populer di masyarakat.

Ada baiknya, sebelum mulai berinvestasi, pahami dulu kelebihan dan kekurangan berinvestasi. Seperti diketahui, investasi memiliki banyak jenis dan alat. Dengan pertimbangan yang baik, Anda bisa mengetahui investasi mana yang menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Berikut adalah daftar beberapa investasi paling menguntungkan dan populer di perusahaan:

 

  1. Gudang

Belakangan ini, investasi saham cukup diminati masyarakat karena merupakan salah satu investasi yang paling menguntungkan. as no Prosentase return yang ditawarkan investasi saham cukup besar, bahkan bisa berkali-kali lipat, jika melihat peluang.

 

Di sisi lain, berinvestasi di saham juga memiliki risiko yang tinggi. Risikonya juga lebih tinggi dibandingkan instrumen investasi lain seperti reksa dana, obligasi, atau properti.

 

Saham dapat diartikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau suatu pihak, termasuk badan usaha, dalam suatu perseroan terbatas atau perseroan terbatas. Dengan ikut serta dalam penyertaan modal, subjek berhak menuntut penghasilan perseroan, kekayaan perseroan dan berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

 

Di pasar sekunder (bursa saham) atau dalam kegiatan perdagangan saham sehari-hari, harga saham berfluktuasi dalam bentuk naik atau turun. Pembentukan harga saham terjadi karena adanya penawaran dan permintaan atas saham tersebut.

 

  1. Bonus

Contoh lain dari investasi yang menguntungkan adalah obligasi. Obligasi pada dasarnya adalah investasi dalam bentuk surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi dengan syarat dan ketentuan nominal tertentu.

 

Untuk lebih memahaminya, coba bayangkan ilustrasi ini. Ketika Anda membeli obligasi, itu berarti perusahaan atau negara berhutang kepada Anda dengan jumlah nominal yang disepakati bersama.

 

Jangka waktu yang dimaksud adalah tanggal jatuh tempo pembayaran utang dan besarnya bunga atau kupon yang harus dibayarkan penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Umumnya, jangka waktu obligasi di Indonesia berkisar antara 1 sampai 10 tahun.

 

  1. Emas

Investasi menguntungkan apa lagi yang bisa Anda pertimbangkan? Jawabannya adalah emas.

 

Asal tahu saja, emas merupakan investasi yang sangat dicari. Pasalnya, berinvestasi emas sangat mudah dilakukan dan menawarkan imbal hasil yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan harga emas yang cukup stabil dan cenderung naik setiap tahunnya.

 

Itulah beberapa jenis investasi menguntungkan yang mungkin cocok untuk Anda. Selain ketiga jenis investasi di atas, sebenarnya ada jenis investasi lain yang bisa Anda coba. Namun sebelum Anda mulai berinvestasi, ada baiknya Anda mempelajari risikonya. Investasi bagus!